Instalasi Pengolahan Air Bersih atau yang sering dikenal dengan istilah dalam bahsa Inggris Water Treatment Plant adalah untuk memastikan ketersediaan air bersih layak pakai dalam kuantitas yang besar, merupakan hal yang sangat penting bagi dunia industri. Penggunaan air bersih dalam jumlah yang besar tersebut diperlukan untuk mesin pendingin seperti Cooling Tower, Chiller dan jenis peralatan lainnya, untuk kebutuhan proses, untuk umpan boiler, dan untuk ketersediaan air minum.

Dunia Industri merupakan bagian kecil dari siklus kebutuhan air global. Jumlah air bersih yang terbatas di bumi ini membuat mereka “dunia industry”, berperan aktif dan berpartisipasi dalam proses mendaur ulang air yang telah terpakai untuk digunakan kembali (Reuse). Daur ulang (Recycle) air ini disebut “Siklus Hidrologi”.

Air murni dalam bentuk (H20) harus memenuhi syarat tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau, terdiri hanya dari unsur hidrogen dan oksigen saja. Namun karena sifat air sebagai pelarut yang baik menjadikan air mudah terkontaminasi oleh zat yang dilaluinya, hal ini menyebabkan air yang tersedia dibumi ini tidak ada yang murni. Pada kondisi dan tingkat tertentu, air dapat melarutkan setiap zat yang dilaluinya secara alami. Karena memiliki sifat ini, air disebut sebagai “pelarut universal”. Meskipun bermanfaat bagi umat manusia, daya solvabilitas (pelarutan) air dapat menimbulkan ancaman besar bagi dunia industri dan kehidupan manusia itu sendiri. Reaksi korosi (pelarutan) terhadap logam oleh air, reaksi pengendapan mineral menyebabkan lapisan kerak pada permukaan pipa sehingga menghambat perpindahan panas. Dalam upaya mengontrol efek dari karakter air yang bersifat korosi dan penyebab kerak menjadi fokus utama teknologi pengolahan air bagi dunia industri.

Unsur Pengotor Air 

Yang termasuk unsur pengotor air adalah padatan terlarut dan padatan tersuspensi, beberapa mineral larut memberikan warna pada larutan. Garam besi yang larut menghasilkan larutan kuning pucat atau hijau, beberapa garam tembaga membentuk larutan berwarna biru pekat. Meski berwarna, solusi ini jelas. Padatan tersuspensi adalah zat yang tidak sepenuhnya larut dalam air dan hadir sebagai partikel. Partikel-partikel ini biasanya memberikan kekeruhan yang terlihat didalam air. Padatan terlarut dan tersuspensi ada di sebagian besar perairan permukaan (surface water). Air laut sangat tinggi natrium klorida terlarut, pasir dan lumpur yang melayang membuatnya agak terlihat keruh seolah-olah berasap.  

Karakteristik air permukaan sangat bervariasi dari waktu ke waktu baik secara fisika maupun kimiawi. Terjadinya banjir bandang yang tiba-tiba dapat menyebabkan perubahan jangka pendek yang dramatis terhadap komposisi air yang tersedia.Pergantian musim pun sangat mempengaruhi komposisi kimia air permukaan terutama pada periode curah hujan tinggi.

Kekeringan yang berkepanjangan sangat memengaruhi ketersediaan air untuk keperluan industri. Ketika sungai mengalir ke lautan, masuknya air asin ke sungai selama musim kemarau menimbulkan masalah baru. Pelaku industri harus memperhitungkan variabilitas air permukaan saat merancang instalasi pengolahan air bersih (Water Treatment Plant).

Air yang jatuh di atas permukaan tanah berpori, seperti pasir atau lempung, mengalir atau meresap kedalam tanah maka hal ini menyebabkan air bersentuhan dengan berbagai jenis lapisan mineral yang kompleks dalam tanah, mineral-mineral tersebut mungkin termasuk granit, gneiss, basalt dan serpihan mineral lempung dan fragmen – fragmen kecil. Dalam beberapa kasus, ada lapisan pasir yang sangat permeabel di bawah tanah liat yang tidak tembus cahaya. Air sering mengikuti jalur tiga dimensi yang kompleks di tanah. Berbeda dengan air permukaan, air tanah relatif bebas dari kontaminan tersuspensi, karena mekanisme penyaringan alami oleh lapisan tanah yang komplek yang dilalui air. Filtrasi juga menghilangkan sebagian besar kontaminasi biologis. Namun beberapa air tanah dapat memiliki kandungan besi tinggi yang mengandung bakteri pereduksi sulfat apabila permukaan tanah yang dilaluinya bekas lahan persawahan atau merupakan bekas tempat pembuangan sampah, hal ini merupakan sumber fouling dan korosi bagi sistem kebutuhan air dalam industri.

Perbandingan Air Permukaan dengan Air Tanah

Karakteristik

Air Permukaan

Air Tanah

Turbidity (kekeruhan), Suspended Solid (TSS)

Tinggi

Rendah

Dissolved minerals (Padatan Terlarut)

rendah-sedang

Tinggi

Biological content

Tinggi

Rendah

Variabilitas Temporal

Sangat Tinggi

Rendah

Menyadari akan pentingnya kualitas dan kuantitas air bersih bagi kebutuhan dunia industry agar kualitas hasil produksi dan peralatan industry yang digunakan lebih tahan lama dan efisien, maka kami PT. Karya Surya Utama hadir memberikan solusi tuntas atas setiap masalah air yang dihadapi oleh pelaku industry. 

Dengan bermodalkan pengalaman yang panjang dan didukung oleh para ahli dibidangnya, kami siap untuk bermitra dan bersinergi dalam menciptakan System Pengolahan Air Bersih (Water Treatment Plant)dan System Pengolahan Limbah Cair Industry (Waste Water Treatment Plant) atau System Limbah Cair Domestic (Sewage Treatment Plant) untuk gedung perkantoran, pabrik, rumah sakit dan hotel. Silahkan konsultasikan masalah air anda dan tanyakan solusinya kepada kami di Hotline/WA 0812-20292686, 0838-07339672 Telp only. 0857-43629002, 021 22656959.

Artikel yang direkomendasi :

Open chat
Hallo...,

Masalah air apa yang sedang anda hadapi?