Poly Aluminium Chloride
Poly Aluminium Chloride

POLY ALUMINIUM CHLORIDE (PAC)

PAC merupakan salah satu chemical yang bisa digunakan untuk menjernihkan air. Fungsinya sebagai koagulan (penggumpal) untuk pengelolaan limbah cair sebelum limbah dilepaskan. Lalu, bagaimana keunggulan dari POLY ALUMINIUM CHLORIDE ini?

PAC Lebih Aman

PAC memiliki dampak korosi yang rendah karena air hasil pengolahan tidak mengalami penurunan pH yang tajam. Berbeda ketika menggunakan Alumunium Sulfat. Ini dapat dilihat dari reaksi kimia yang terjadi seperti berikut.

Alumunium Sulfat

Al2(SO4)3 + 6H2O → Al(OH)3 +6H+

PAC

Al2(OH)5Cl + H2O → 2Al(OH)3 + H+

Dari reaksi di atas menunjukkan bahwa pada reaksi hidrolisis, Aluminium Sulfat dalam air melepas 6 ion H+, namun PAC hanya dilepaskan 1 ion H+. Ini menyebabkan pH air Aluminium Sulfat bersifat lebih asam daripada yang menggunakan koagulan PAC .

Semakin asam sebuah sistem, maka kecenderungan terjadinya korosi lebih besar. Itulah alasan mengapa penggunaan PAC lebih aman.

PAC Efektif Mengikat Padatan

kecepatan mengendap yang dihasilkan PAC juga tinggi untuk fluktuasi yang besar dan flok yang dihasilkan juga lebih padat. Sehingga bisa lebih mudah menentukan dosis yang tepat, karena gugus aktif aluminat efektif untuk mengikat koloid. 

PAC Rentang pH yang Luas

PAC memiliki rentang pH yang panjang (5 – 9), sedangkan Alumunium Sulfat hanya 6-8. Sehingga anda tidak perlu repot memikirkan tingkat pH yang ekstrem. 

Tidak Membuat Keruh

Koagulan lain seperti Alumunium Sulfat, Besi Klorida, dan Fero Sulfat membuat keruh apabila digunakan secara berlebihan. Namun, tidak pada PAC .

POLY ALUMINIUM CHLORIDE Mudah untuk Melakukan Analisa Dosis

Penentuan dosis dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan melakukan Jar Test. PAC dapat ditemukan dalam bentuk cair maupun bubuk.

Chemtech.co.id menyediakan produk PAC berbentuk cair (PAC-L), maupun powder (PAC-P), kami juga dapat melakukan analisa permasalahan Boiler, WTP, STP, WWTP.  Konsultasi Masalah Air dan Mesin Pompa, Informasi lengkap Silahkan Hubungi kami  di Telp. 021-22656959 / HP. 0812-20292686

Open chat
Hallo...,

Masalah air apa yang sedang anda hadapi?