Obat Anti Kerak BWT 30

Tidak ingin pipa-pipa boiler anda hancur dan harus diganti sebelum waktunya, karena overheating akibat tertutup kerak dan terjadi korosi seperti dalam gambar ini ? Jangan salah pilih bahan kimia boiler jika tidak ingin mengalami masalah. kami PT Karya Surya Utama telah berpengalaman dalam memproduksi bahan kimia boiler dan kebanyakan pelanggan kami merasa puas dan tidak ada komplain atas hasil kerja kimia untuk boiler produksi kami secara keseluruhan.

Buat apa beli kimia untuk boiler yang murah jika pada akhirnya menimbulkan kerugian besar seperti menyimpan bom waktu ?? Keuntungan jangka panjang lebih utama !

Program utama internal treatment Boiler kami adalah :

  • TYPE TREATMENT » BERAGAM (MELALUI PRAKONDISI HASIL KAJIAN KOMPREHENSIF DILAPANGAN)
  • JENIS BAHAN KIMIA » BERAGAM (TERDAPAT 2 JENIS BAHAN KIMIA YAITU ORGANIK DAN INORGANIK)
  • HASIL OPTIMAL » TYPE TREATMENT & JENIS BAHAN KIMIA DISESUAIKAN DENGAN KUALITAS AIR DAN KONDISI BOILER YANG AKAN DI TREATMENT [PRODUCT COSTUM DESIGN FORMULA] & DIKONTROL SESUAI  DENGAN BATASAN – BATASAN YANG DIREKOMENDASIKAN MENGGUNAKAN STANDAR INTERNASIOANL SEPERTI ASME, ABMA, JIS DLL.

Salah satu program anti kerak (Scale Inhibitor) & deposit inhibitor untuk boiler dengan tekanan kerja rendah hingga sedang (1-15 bar) dengan bahan kimia pasivator berbasis Phosphate (NaPO3)6, (dipasarkan dengan merek dagang Obat Anti Kerak BWT 30) berbentuk Liquid.

Mekanisme pencegahan terjadinya kerak dengan metode inhibitor precipitation (sejenis senyawa pembentuk lapisan film yang menutupi keseluruhan permukaan metal sehingga secara tidak langsung mengganggu daerah katoda dan anoda sekaligus).

Cairan Anti Kerak BWT 30 berperan dalam pencegahan terbentuknya kerak (scale) pada permukaan pipa pemanas boiler, yaitu :

  •  Bereaksi dengan komponen kesadahan didalam air dan mengkonversikannya menjadi senyawa tersuspensi, dimana hasil reaksi pencegahan keraknya berbentuk sludge (lumpur lunak).
  • Menjaga senyawa silica didalam air tetap larut.

Bila tanpa penggunaan cairan anti kerak BWT 30, maka komponen-komponen kesadahan berubah menjadi kalsium karbonat (CaCo3) dan kalsium silikat (CaSiO3) yang berbentuk kerak keras karena kelarutannya rendah. Akan tetapi dengan menggunakan cairan anti kerak BWT 30 kesadahan kalsium membentuk kalsium fosfat, hydroxyapatite dalam bentuk suspensi dan sulit mengendap (asuspensible hard to settle hydroxyapatite) [Ca3(PO4)2]3Ca(OH)2 yang reaksi ini dapat diketahui bahwa setiap 1,0 mg/l CaCo3 dibutuhkan 0,57 mg/l PO43.

10Ca(HCO3)2 + 6Na3PO4 + 2NaOH » [Ca3(PO4)2]3Ca(OH)2 + 10Na2CO3 + 10CO2 + 10H2O…(1)

Sedangkan kesadahan magnesium tidak bereaksi dengan fosfat, tetapi magnesium akan bereaksi dengan alkali sehingga terbentuk magnesium hidroksida Mg(OH)2 seperti pada persamaan reaksi (2) atau magnesium silikat MgSiO3 seperti pada persamaan reaksi (3)

MgCl2 + 2NaOH » Mg(OH)2 + 2NaCl…(2)

MgCl2 + SiO2 + 2NaOH » MgSiO3 + 2NaCl + H2O…(3)

Berdasarkan persamaan reaksi (3) diatas menunjukkan bahwa diperlukan alkali (p-alkali) untuk menjaga silica tetap larut didalam air yaitu 1,7 kali konsentrasi silica. Secara umum komponen-komponen M-Alkalinitas yang terdapat didalam air baku dalam bentuk bikarbonat (HCO3) akan berubah menjadi sodium bikarbonat (NaHCO3) setelah melalui proses water softener.

Obat anti kerak BWT 30 selain diproduksi berdasarkan rekayasa kimiawi juga mempertimbangkan aspek spesifikasi boiler modern saat ini seperti : diameter pipa semakin kecil dan ketebalan pipa boiler semakin tipis, sehingga heat transfer dan luas heating surface area semakin tinggi. Karenanya boiler semakin tidak toleran terhadap efek akibat masalah air. Akibat masalah air yang terjadi di boiler adalah : Kerak/Deposit dan Korosi.

Komponen utama Obat Anti Kerak BWT 30 terdiri dari 4 jenis / type bahan kimia, semuanya dirancang untuk mencegah terjadinya kerak kalsium dan magnesium yang berdiri sendiri, juga sebagai pencegah karat yang diakibatkan oleh zat ferric ion yang mengambang diatas permukaan baja dengan melalui reaksi pengendapan. Ke 4 bahan kimia tersebut bersinergi sehingga kemampuan deposit inhibitor-nya semakin tinggi. Ke empat bahan kimia itu berfungsi sebagai berikut :

  • Iron Dispersant
  • Sludge Dispersant
  • Organic Dispersant
  • Calcium & Magnesium Removal

Cara penggunaannya, setiap kg Obat Anti Kerak BWT 30 mengandung 50 ppm (NaPO3)6 yang telah diformulasikan dengan bahan kimia boiler lainnya, diinjeksikan secara rutin sesuai dengan kondisi air umpan, injection poin pada pipa setelah deaerator sebelum boiler feed water pump.

Untuk Informasi detil tentang produk atau konsultasi mengenai treatment boiler silahkan hubungi kami di 021 628 2766 HP 0812-20292686

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *