Condensate Treatment BWT 35 merupakan Corrosion Inhibitor (pencegah terjadinya karat) Pipa Air Umpan dan pipa Condensate pada semua jenis Boiler.

Boiler Bertekanan Rendah

Pada Boiler bertekanan rendah, corrosion inhibitor digunakan untuk line steam dan condensate. Faktor-faktor penyebab korosi di dalam jalur pipa ini adalah oksigen dan karbon dioksida. Dengan adanya sejumlah kecil karbon dioksida di dalam air condensate, maka pH akan turun dan menyebabkan  korosi (corrosive). Pengolahan dengan volatil amines atau filming amines dilakukan untuk mencegah terjadinya korosi pada lingkungan corrosive seperti tersebut diatas.

  1. Volatile Amines

Volatile amines seperti ammonia, cyclohexylamine (C6H8ONH) dan sebagainya, umumnya diinjeksikan ke dalam pipa air umpan dan steam. Amines yang diinjeksikan ke dalam air umpan menguap bersama-sama steam yang diproduksi oleh Boiler. Dengan pengkondensasian kukus, amine menetralkan karbon dioksida seperti tergambar pada persamaan (1), (2) dan (3) dengan menaikkan pH condensate sehingga corrosive steel dan copper dapat dihindari.

NH3+ CO2+ H2 ——> NH4+ + HCO3-  ……………………….. (1)

C6H11NH2 + CO2 + H2O ——> C6H11NH3+ + HCO3- …. (2)

C4H9ONH + CO2 + H2O ——> C4H9NH2+ + HCO3- …. (3)

Jumlah amine yang dibutuhkan untuk menetralkan karbon dioksida dan ratio distribusi amine/condensate berbeda, bergantung kepada macam volatile aminesnya.

Jumlah voltatile amines yang dibutuhkan naik proporsional, sesuai dengan jumlah carbon dioksida sehingga biaya pengolahan menjadi lebih tinggi bila air umpan mengandung M-alkalinity tinggi.

Amines dengan ratio distribusi rendah seperti morpholine atau alkahol amines efektif dalam pencegahan corrosive di sekitar daerah pengkondensasian pertama (initial condensation) yang dekat ke Boiler. Amines dengan ratio distribusi tinggi seperti cyclohexylamine atau alkohol amine effektif dalam pencegahan corrosive pada staem line disekitar pengkondensasian pertama dimana material copper alloy digunakan atau pada akhir line condensate (jauh dari Boiler).

Ammonia effektif untuk menetralkan carbon dioksida. Tapi pada Boiler bertekanan rendah yang menggunakan material copper pada line steam dan condensate, ammonia tidak dapat digunakan sebab corrosive copper banyak terpengaruhi oleh pH.

  1. Filming Amities

Alkyl amines dengan rumus umum sebagai berikut digunakan sebagai filming amines.

R – NH2 : dimana R = C12 — C22

Effek pencegahan corrosive dari filming amines terhadap material baja naik secara proporsional dengan kenaikan jumlah atom-atom karbon dan hampir menjadi konstan pada jumlah atom diatas 16. Mekanisme pencegahan corrosive, group amines (-NH2) diadsorpsi pada permukaan metal, dan permukaannya tertutup dengan film yang bersifat menolak air (water repellent). Filmnya mono molekul yang tebal dan stabil atau lapisan polymolecular. Oleh karenanya sekali film terbentuk dengan tepat, untuk selanjutnya hanya dibutuhkan jumlah amine sedikit saja guna mempertahankan film tersebut.

Dan penjelasan tersebut, bila M-alkalinity air umpan tinggi, pengolahan dengan filming amine umumnya lebih ekonomis jika dibandingkan dengan voltatile amine.

Boiler Bertekanan Menengah dan Tinggi

Pada Boiler bertekanan menengah dan tinggi, sebagai air umpan menggunakan air demin dimana tingkat kemurniannya sangat tinggi, yang selanjutnya oksigennya dihilangkan dengan deaerator dan dengan oxygen scavenger BWT 32.

Pada Boiler tipe ini, jika terdapat sedikit saja terdapat kontaminan produk corrosive didalam Boiler akan menyebabkan permasalahan karat yang serius, oleh karenanya diperlukan pengendalian yang ketat terhadap pencegahan corrosive terhadap pipa air umpan dan condensate.

Pengendalian corrosive untuk pipa air umpan dan condensate pada Boiler bertekanan menengah dan tinggi, secara dasar sama dengan pada ketel uap bertekanan rendah yaitu Condensate treatment BWT 35.

Untuk Pemesanan Formula Chemtech Chemical, Konsultasi Masalah Air dan Informasi lengkap Silahkan Hubungi kami  di Telp. 021 628 2766, 021 226 80006 HP. 0812-20292686 smallpic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *