mesin boiler
mesin boiler

Boiler water treatment merupakan bagian dari program perawatan boiler dengan  boiler chemical yang dimasukan ke dalam air. Chemical yang dimasukan kedalam air tidak bisa asal, diperlukan penelitian untuk memastikan produk apa yang harus diberikan. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti boiler rusak sampai mengakibatkan kecelakaan kerja.

Jenis chemical yang ada pun beragam, tergantung dari permasalahan apa yang dihadapi boiler. Adapun jenis yang biasa dipakai untuk water treatment yaitu; chemicals untuk control oksigen, penghambat korosi, penghambat kerak, dan penjernih air.

Boiler Water Treatment untuk control Oksigen

Chemical untuk control oksigen disebut oxygen scavenger, dengan brand Oxygen Scavenger BWT 31. Oxkygen scavenger ini berfungsi untuk menghilangkan oksigen terlarut (dissolved oxygen) didalam air dengan reaksi reduksi, oleh karenanya dapat mencegah korosi yang disebabkan oksigen.

BWT untuk penghambat korosi

Korosi adalah salah satu boiler problems yang harus diwaspadai. Pipa dapat menipis dan akhirnya bocor dikarenakan oleh korosi. Agar korosi dapat dicegah, dapat digunakan bahan kimia penghambat pertumbuhan korosi.

Boiler Water Treatment untuk penghambat kerak

Kerak juga merupakan boiler problems yang harus diwaspadai. Kerak menyebabkan tingkat efisiensi boiler berkurang. Diameter pada pipa akbiat adanya tumpukan kerak, dapat membuat diameter pipa mengecil. Agar dapat menghambat pertumbuhan kerak, diperlukan bahan kimia untuk menghambat pertumbuhan kerak.

Boiler Water Treatment untuk penjernihan air

Feed water atau air umpan boiler  biasanya diambil dari air hujan atau air sungai yang kotor, bahkan air sumur. Alur penjernihannya memakai bahan kimia dan alat atau sistem. Sistem yang digunakan yaitu; kolam penampungan air, clarifier tank, sand filter, water tower, cation exchange tank, degasifier tank dan anion exchange tank. Lalu chemicals yang dipakai ialah; kimia untuk mengatur pH dan kimia untuk mengendapkan lumpur. Lebih lanjut, silakan baca artikel tentang kimia pengendap lumpur dan kimia penjernih air.

Boiler Water Treatment untuk control pH air

Chemtech juga menyediakan chemical berbentuk cairan dan powder untuk mengontrol pH/Alkalinitas bernama PAC P dan PAC L

Solusi untuk permasalahan kerak dan korosi

Agar dapat mengatasi kedua masalah diatas Chemtech memberikan solusi BWT 37 dan BWT  38. Multipurpose boiler chemicals atau Scale & Corrosion Inhibitor yaitu BWT 37 & BWT 38 adalah bahan kimia yang diformulasikan sedemikian rupa sebagai pencegah kerak dan karat sekaligus pada pipa boiler, diinjeksikan dengan dosis optimum sesuai dengan tujuan dan kondisinya.

Atau anda dapat Konsultasi Masalah Air dan Mesin Pompa, Informasi lengkap Silahkan Hubungi kami  di Telp. 021-22656959 / HP. 0812-20292686

Rekomendasi Artikel:
Jasa Pemasangan Filter Air Jakarta
Bagaimana Cara Untuk Mencegah Karat Pada Pompa Air
Boiler Meledak

Open chat
Hallo...,

Masalah air apa yang sedang anda hadapi?