astech wtp pompa
astech wtp pompa

Pengertian

Kita ketahui bahwa setiap benda fungsional seperti Mesin Pompa Air, harus memiliki jadwal perawatan. Agar nantinya ketika mesin akan dipakai tidak menimbulkan masalah atau tidak dapat digunakan sama sekali. Karena kejadian seperti ini akan sangat merugikan bagi perusahaan.

Maintenance atau perawatan adalah suatu aktivitas merawat fasilitas, sebagai akibatnya fasilitas tersebut berada pada kondisi siap pakai sesuai kebutuhan. Istilah lain perawatan ialah kegiatan / effort dalam rangka mengupayakan fasilitas produksi pada kondisi / kemampuan produksi yang di inginkan. Perawatan pada umumnya dipandang sebagai aktivitas fisik, seperti membersihkan peralatan, memberi pelumas, memperbaiki kerusakan, mengganti part.

Perawatan

Dalam Perawatan dikenal dengan 4M yang mempengaruhi perawatan diantaranya: Man, Machine, Materiil and Money. Namun dalam 4M tadi belum menjamin efisiensi serta efektifitas perawatan, untuk itu dibutuhkan adanya Management perawatan. Agar sumber daya yang dibutuhkan bisa dimanfaatkan dengan efisiensi yang tinggi, serta aktivitas-aktivitas perawatan mencapai sasaran yang diinginkan. Program Perawatan dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Perawatan terencana (schedule) arahnya di pencegahan.
2. Perawatan tidak terencana (unscheduled) arahnya di kerusakan.

Sumber daya manusia yang terdidik, juga jadi pengaruh dalam pelaksanaan perawatan alat yang digunakan. SOP memiliki peran penting dalam proses pengelolaan mesin pompa, kesalahan handling yang tidak mengukuti SOP dapat mempengaruhi kinerja alat yang digunakan untuk produksi.

Perancangan untuk sistem maintenance, seharusnya telah dibuat semenjak awal perancangan sistem produksi. Ruang lingkup sistem maintenance relatif luas, mencakup sarana serta pra sarana lainnya yang berkaitan langsung maupun tak langsung dengan sistem produksi.

Berapa Lama Jangka Waktu Perawatan Mesin Pompa Air?

Umumnya maintenance skala kecil dilakukan setiap bulan untuk mengecek kondisi alat, dengan pengecekan alat, membersihkan alat, hingga memberikan pelumas. serta untuk maintenance skala besar umumnya setiap enam bulan. Jangan sampai menunggu alat yang anda gunakan untuk produksi rusak, sehingga tidak dapat digunakan pada saat proses kegiatan produksi berjalan.

Atau anda dapat Konsultasi Masalah Air dan Mesin Pompa, Informasi lengkap Silahkan Hubungi kami  di Telp. 021-22656959 HP. 0812-20292686

Rekomendasi Artikel:
Jasa Pemasangan Filter Air Jakarta
Bagaimana Cara Untuk Mencegah Karat Pada Pompa Air
Rekomendasi Produk Filter Rumah Tangga

Open chat
Hallo...,

Masalah air apa yang sedang anda hadapi?